SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMA BEASISWA KARTU PRESTASI TUNTAS SEKOLAH (KPTS) MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT DI SDN 10 LEMITO

Authors

  • Erlin Suleman

Keywords:

SPK, Weighted Product, KPTS, PHP, MySQL

Abstract

Prestasi Tuntas Sekolah (KPTS) adalah bantuan biaya pendidikan pribadi untuk memenuhi kebutuhan dasar dalam bidang pendidikan dengan sarana kartu yang pemerintah daerah bekerja sama dengan bank sulutgo untuk diberikan kepada peserta didik yang kurang mampu dan berprestasi disatuan pendidikan dari deretan SD maupun SMP. Tujuan dari penelitian ini merancang aplikasi sistem pendukung keputusan penerima beasiswa kartu prestasi tuntas sekolah (KPTS) menggunakan metode weighted product (WP) di SDN 10 Lemito.

Metode Weighted Product (WP) dipilih karena mampu menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif dan keunggulannya dalam teknik pembobotan. Sistem ini dirancang menggunakan bahasa pemrogaraman php,MySQL sebagai basis data. Sistem ini bisa melakukan pemeringkatan terhadap siswa dengan menghitung bobot kriteria. Alternatif yang digunakan dalam penenlitian ini berdasarkan rata-rata nilai hasil belajar, proporsi kehadiran, penghasilan orang tua, serta jumlah tanggungan orang tua. Penelitian dilakukan dengan mencari nilai bobot untuk setiap atribut, kemudian dilakukan proses pemeringkatan yang akan penentu alternatif yang optimal, yaitu siswa terbaik dan layak dalam hal penerima beasiswa prestasi. Berdasarkan penguji sebuah yang dilakukan, didapatkan sistem yang mampu memberikan hasil rekomendasi terbaik sesuai dengan perhitungan yang digunakan, sehingga dengan adanya sistem ini dapat membantu mempercepat dalam penyeleksian penerima beasiswa prestasi. 

Downloads

Published

2023-01-30

How to Cite

Suleman, E. (2023). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMA BEASISWA KARTU PRESTASI TUNTAS SEKOLAH (KPTS) MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT DI SDN 10 LEMITO. Journal of Intelligent Systems and Computing, 1(1), 60–69. Retrieved from https://jurnalilmiah.co.id/index.php/MJPJISC/article/view/69

Issue

Section

Articles