PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASSED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Rasmin Walenta

Keywords:

Pendidikan, Siswa, problem based learning

Abstract

Pendidikan bertujuan untuk mempersiapkan manusia dalam memecahkan problem kehidupan di masa kini ataupun di masa yang akan datang. Model pembelajaran Problem Based Learning merupakan sebuah model pembelajaran yang diawali dengan masalah yang ditemukan dalam suatu lingkungan pekerjaan untuk mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan yang baru yang dikembangkan oleh siswa secara mandiri Dalam pengamatan disekolah SDN 09 DUHIADAA ini menunjukan siswa di kelas VI berjumlah 19 siswa diantaranya laki-laki 10 dan perempuan 9. Model pembelajaran Problem Based Learning merupakan sebuah model pembelajaran yang diawali dengan masalah yang ditemukan dalam suatu lingkungan pekerjaan untuk mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan yang baru yang dikembangkan oleh siswa secara mandiri ong siswa untuk belajar melalui berbagai permasalahan dalam kehidupan seharu-hari yang dikaitkan dengan pengetahuan yang telh tau yang akan dipelajarinya. Permasalahan yang diajukan pada model problem based learning, bukanlah permasalahan “biasa” atau bukan sekedar “latihan”. Permasalahan dalam problem based learning menuntut penjelasan atau sebuah fenomena. Fokusnya adalah sebagaimana siswa mengidentifikasi isu pembelajaran dan selanjutnya mencari alternatif penyelesaian.

Downloads

Published

2022-11-15

How to Cite

Walenta, R. (2022). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASSED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Multi Disiplin Ilmu, 1(1), 33–39. Retrieved from https://jurnalilmiah.co.id/index.php/MJPJMI/article/view/20

Issue

Section

Articles

Categories