INTEGRASI PEMBELAJARAN IPS PADA KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nurhayati Pakaya

Keywords:

Integrasi kurikulum, Sekolah Dasar, IPS

Abstract

Perubahan integrasi kurikulum 2013 yaitu pendidikan dalam konteks global di dunia berimbas pada pendididkan di indonesia pun berubah sesuai dengan tuntutan zaman tersebut. Perubahan tujuan akhir pendidikan di indonesia ini diwadahi dengan diberlakukanya kurikulum baru. Kurikulum baru tersebut dikenal dengan istilah kurikulum 2013. Pemberlakuan kurikulum 2013 menurut diaplikasinya sejumlah pendekata pemebelajaran yang di panadang mampu di gunakan untuk membentuk kemampuan siswa, meningkatkan keterampilan, dan sekaligus membangu sikap siswa. Sala satu pendekatan tersebut adalah pendekatan pembelajaran integratif. Penedekatan ini digunakan pada seluruh jenjang kelas sekolah dasar. Bertemali dengan hal tersebut upaya melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan ini harus dilakukan guru dengan terlebih dahulu memahami secara komprehensif komsep pembelajaran terintegrasi. Sala satu mata pelajaran ips. Pemaduan mata pelajaran ips ke dalam beberapa mata pelajaran lain seperti bahasa indonesia, ppkn, dan bahkan matematika tentu saja masih menyisakan sejumlah kekhawatiran dan pertanyaa besar. Namundemikian pemaduan ini telah terbukti memiliki banyak keunggulan. Salah satu keunggualn terpenting adalah bahwapemebelajaran ips secara integratif di pandang sebagai pemebelajaran yang berorientasi pasda penguasaan materi pembelajaran. Pembelajaran ini jelas bukan di tujukan agar siswa semata-mata beroleh materi tetapi agar siswa beroleh kecekapan hidup, keterampilan dan karakter.

Downloads

Published

2022-11-15

How to Cite

Pakaya, N. (2022). INTEGRASI PEMBELAJARAN IPS PADA KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Multi Disiplin Ilmu, 1(1), 50–54. Retrieved from https://jurnalilmiah.co.id/index.php/MJPJMI/article/view/23

Issue

Section

Articles

Categories