PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nur Ilmi Harun

Keywords:

Penggunaan Model Think Pair Share, Pembelajaran IPS, Siswa SD

Abstract

Tujuan penelitan ini untuk mengetahui bagaimana penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada pembelajaran IPS di kelas V SDN 01 Marisa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil Pengamatan ini menunjukkan bahwa sebelum menggunakan model pembelajaran ini ada beberapa siswa yang kurang bersemangat untuk belajar dan kurang memahami pembelajaran yang diajarkan oleh guru. Dari 24 siswa yang dijadikan subjek pengamatan, hanya ada beberapa saja yang paham. Hambatan yang dialami oleh siswa yaitu tidak senang dengan penggunaan metode ceramah saja. Nah, ketika guru menerapkan penggunaan model pembelajaran kooperatif Tipe Think Pair Share ini terlihat siswa sangat senang ketika diberikan tugas oleh guru. Tipe Think Pair Share (TPS) merupakan suatu teknik sederhana dengan keuntungan besar. TPS dapat meninngkatkan kemampuan siswa dalam mengingat suatu informasi dan seorang siswa juga dapat belajar dari siswa lain, serta saling menyampaikan untuk didiskusikan sebelum disampaikan di depan kelas. Selain itu, TPS juga memperbaiki rasa percaya diri dan semua siswa diberi kesempatan untuk berpartisipasi dalam kelas.

Downloads

Published

2022-11-15

How to Cite

Harun, N. I. (2022). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V DI SEKOLAH DASAR . Jurnal Multi Disiplin Ilmu, 1(1), 26–32. Retrieved from https://jurnalilmiah.co.id/index.php/MJPJMI/article/view/19

Issue

Section

Articles

Categories