KETERAMPILAN BERTANYA SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SD

Authors

  • Dina Rahmadani S. Manopo

Keywords:

Keterampilan Bertanya, Pembelajaran IPS, Siswa SD

Abstract

Dalam kegiatan belajar mengajar, tentunya tidak lucu ketika guru bertanya setelah menjelaskan materti tak ada satupun siswa yang merespon kan? Ataukah mungkin cara bertanya yang guru lakukan kurang menarik bagi siswa? Jika demikian berarti masalah yang dapat merubah kesulitan bertanya yaitu memahami Keterampilan Bertanya. Tujuan peneliatian ini untuk mengetahui keterampilan bertanya seorang guru dan siswa masih dalam muatan ilmu pengetahua sosial. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VI SDN 04 MARISA. Teknik pengumpulan data yang digunakan: observasi, wawancara , dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan: reduksi data, dan penyajian data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keterampilan bertanya siswa masih rendah. Dari 28 siswa yang dijadikan subjek penelitian, tidak ada satupun yang ingin bertanya. Hambatan yang dialami siswa yaitu malu, takut diolok-olokan teman sekelasnya dan tidak berani kepada guru. Penguatan yang diberikan guru juga belum maksimal, guru kelas VI pun cenderung hanya menggunakan metode ceramah dan diskusi. Selain itu rasa ingin tahu terhadap materi pelajaran masih rendah yaitu sebanyak 10 siswa memiliki rasa ingin tahu terhadap materi yang diajarkan sedangkan 18 siswa lainnya tidak memiliki rasa ingin tahu terhadap materi yang diajarkan gurunya. Keterampilan bertanya siswa kelas VI tergolong rendah di kelas lebih banyak diam dan hanya mendengarkan saja.

Downloads

Published

2022-11-15

How to Cite

S. Manopo, D. R. . (2022). KETERAMPILAN BERTANYA SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SD. Jurnal Multi Disiplin Ilmu, 1(1), 1–6. Retrieved from https://jurnalilmiah.co.id/index.php/MJPJMI/article/view/15

Issue

Section

Articles

Categories