KARAKTER PEDULI SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN IPS DALAM KELAS DISEKOLAH DASAR

Authors

  • Amelia Arsyad

Keywords:

karakter peduli social, Siswa SD

Abstract

Pendidikan merupakan suatu hal yang tidak dapat di pisahkan dari kehidupan manusia, terutama dalam pendidikan di sekolah dasar diharuskan dapat menerapkan karakter peduli sosial sehingga peserta didik dapat meningkatkan kualitas hidupnya dalam segala aspek. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakter peduli sosial yang di terapkan pada lingkungan sekolah terutama di dalam kelas peserta didik. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VI SDN 06 Duhiadaa. Teknik pengumpulan data yang di gunakan: observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang di gunakan: redukasi data dan penyajian data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat beberapa siswa yang berada di dalam kelas penelitian tersebut masih kurang dalam penerapan karakter peduli sosial, Dari 31 peserta didik yang menjadi subjek penelitian. Dalam penelitian yang di laksanakan peneliti melihat ada beberapa siswa yang menerapkan karakter peduli sosial tersebut, Contohnya peduli pada teman dapat dilihat dari apa yang di lakukan oleh siswa di antaranya, perhatian pada teman yang sakit, membantu teman yang mengalami kesulitan dalam belajar, atau menolong teman. Penanaman karakter peduli sosial penting untuk diterapkan sehingga peneliti tertarik untuk mengetahui lebih lanjut karakter peduli sosial di SDN 06 Duhiadaa, Oleh karena itu penulis mengadakan penelitian dengan judul “KARAKTER PEDULI SOSIAL PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR”.

Downloads

Published

2022-11-15

How to Cite

Arsyad, A. (2022). KARAKTER PEDULI SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN IPS DALAM KELAS DISEKOLAH DASAR. Jurnal Multi Disiplin Ilmu, 1(1), 19–25. Retrieved from https://jurnalilmiah.co.id/index.php/MJPJMI/article/view/18

Issue

Section

Articles

Categories