Meningkatkan Upaya Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw

Authors

  • Reni Rahmawati Ahyani

Keywords:

hasil belajar, keragaman sosial budaya, model Jigsaw, siklus pembelajaran, Model Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini di Lakukan Di kelas V SDN 07 MARISA, Pembelajaran ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 07 MARISA, Permasalahan utama adalah rendahnya hasil belajar siswa di kelas IV SDK Despot Petunasugi, pada pembelajaran IPS dengan maten kenampakan alam dan keragaman sosial budaya. Pembelajaran ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas v SDN 07 MARISA pada pelajaran IPS dengan materi kenampakan alam dan keragaman sosial budaya. Desain yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model PTK yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc. Targgart yang terbagi dalam 4 tahap yaitu: 1-Perencanaan. 2 Pelaksanaan tindakan, 3.Pengamatan/observasi, 4.Refleksi. Jenis daa yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Pelaksanaan ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dan masing-masing dua pertemuan. Pada pertemuan pertama siklus I hasil persentase aktivitas guru mencapai 65% dan pertemuan ke [I] mencapai 75% berada dalam kategorii baik. Sedangkan hasil persentase aktivitas siswa pada Pertemuan pertama siklus | mencapai 60% dan pertemuan ke fl mencapai 65% berada dalam kategori baik. Pada hasil evaluasi kemampuan awal nilai rata-rata adalah 57,5. Adapun hasil evaluasi pada pertemuan 1 siklus [ nila rata-rata siswa mencapai 58,7 dan hasil evaluasi pertemuan 2 siklus I nila rata-rata siswa mencapai 68,7. Berada dalam kategon baik. Sedangkan hasil evaluasi siswa pada pertemuan ! siklus IJ nilai rata-rata mencapai 76.8 dan pada pertemwuan 2 siklus I nilai rata-rata mencapai 89,3 berada dalam kategon sangat bak. Telah mencapai keberhasilan karena sudah sesuai dengan standar KKM.

Downloads

Published

2022-11-15

How to Cite

Ahyani, R. R. . (2022). Meningkatkan Upaya Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw. Jurnal Multi Disiplin Ilmu, 1(1), 55–59. Retrieved from https://jurnalilmiah.co.id/index.php/MJPJMI/article/view/24

Issue

Section

Articles

Categories