PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN SIKAP NASIONALISME BAGI PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Edi Susanto

DOI:

https://doi.org/10.59211/mjpjetl.v2i2.43

Keywords:

Peran Guru, Menumbuhkan Sikap Nasionalisme

Abstract

Tujuan penelitianini adalah untuk mendeskripsikan tentang peran guru dalam menumbuhkan sikap nasionalisme pada peserta didik kelas IV kemudian apa saja sikap nasionalisme yang ada pada peserta didik dan bagaimana cara guru menumbuhkan sikap nasionalisme peserta didik kelas IV di SDN 07 Buntulia.Penelitian ini menggunakan pendekatan Deskriptif Kualitatif.Moleong (2007 : 6) dalam pengertiannya mengatakan penelitian kualitatif adalah sebagai penelitian yang bertujuan untuk memahami fenomena yang dialami oleh subjek penelitian, lebih kepada hal-hal yang berkaitan dengan penelitian perilaku, sikap, motivasi,persepsi, dan tindakan subjek. Subjek penelitian ini adalah guru kelas, kepala sekolah, dan peserta didik kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajiandata, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitianini menunjukan bahwa peran guru dalam menumbuhkan sikap nasionalisme telah berjalan dengan baik, dimana guru mampu menerapkan nilai-nilai Nasioalisme kepada setiap peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari sikap yang telah tercermin peserta didik seperti dari sikap rela berkorban, cinta tanah air, menjunjung tinggi, persatuan dan kesatuan, berani dan jujur, serta disiplin. Hal tersebut tidak lepas dari peran guru yang membiasakan peserta didik untuk mengikuti upacara bendera, memakai bahasa Indonesia yang baik, memakai produk-produk dalam negeri, bergotong royong, membersihkan dan menata halaman dan serta menjadikan pahlawan Indonesia sebagai tauladan

Downloads

Published

2024-07-30

How to Cite

[1]
E. Susanto, “PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN SIKAP NASIONALISME BAGI PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR”, J. Educ. Teach. Learn., vol. 2, no. 2, pp. 102–106, Jul. 2024.

Issue

Section

Articles