PERSEPSI GURU TERHADAP KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGELOLA KONFLIK DI SMP NEGERI 2 KOTAMOBAGU

Authors

  • Muh. Wahyuddin S. Adam
  • Attin Lun Institut Agama Islam Kotamobagu

DOI:

https://doi.org/10.59211/mjpjetl.v2i2.44

Keywords:

Manajerial Kepala Sekolah, Mengelola Konflik Internal

Abstract

Lembaga pendidikan merupakan suatu organisasi yang harus memiliki visi dan misi untuk memudahkan dalam menjalankan tugas serta memiliki arah yang jelas untuk mencapai tujuan bersama. Dalam menyelesaikan konflik yang ada kepala sekolah harus memiliki kemampuan berpikir, merencanakan, menggerakkan serta mengarahkan, mengawasi/mengontrol, guru atau karyawan kearah tujuan yang ditetapkan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini peneliti menggunakan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan kepala sekolah, dan guru SMP Negeri 2 Kotamobagu. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Persepsi guru terhadap manajerial kepala sekolah di SMP Negeri 2 Kotamobagu yaitu menggunakan jenis kepemimpinan demokratis yang mampu menerima segala kritik dan saran terhadap ide-ide bagi program yang bisa dilakukan kedepannya. Model manajerial kepala sekolah dalam mengelola konflik internal menggunakan cara kolaborasi, kompromi, dan secara kekeluargaan dalam menyelesaikan konflik yang terjadi di sekolah. Hambatan yang dialami yaitu kurang nya menggali informasi dan kurangnya waktu penyelesaian konflik.

Downloads

Published

2024-07-30

How to Cite

[1]
M. W. S. Adam and A. Lun, “PERSEPSI GURU TERHADAP KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGELOLA KONFLIK DI SMP NEGERI 2 KOTAMOBAGU”, J. Educ. Teach. Learn., vol. 2, no. 2, pp. 107–113, Jul. 2024.

Issue

Section

Articles