Manajemen Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Mata Pelajaran di MAS Al-Ihsaan Patilanggio

Authors

  • Ahmad Zulfikri

Keywords:

Manajemen Kepala Madrasah, Profesionalisme, Guru Mata Pelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Manajemen kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme Guru Mata Pelajaran, mengetahui usaha yang dilakukan kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru mata pelajaran, mendeskripsikan bagaimana profesionalisme guru mata pelajaran di dalam melaksanakan pembelajaran, serta mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan profesionalisme guru mata pelajaran di MA Al-Ihsaan Patilanggio. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan menggunakan analisis deskriptif yang mengambil lokasi di Madrasah Aliyah Al-Ihsaan Patilanggio Kabupaten Pohuwato. Metode yang digunakan adalah dengan menggunakan metode pengumpulan data yaitu observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen kepala madrasah di MA Al-Ihsaan Patilanggio Kabupaten Pohuwato dalam mengatur semua kegiatan yang ada di Madrasah mulai dengan mengatur program tahunan, program semester, pembagian tugas para guru, dan melakukan supervisi atau pengontrolan serta mengevaluasi hasil supervisi sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan guru bisa lebih meningkatkan profesionalismenya dalam melaksanakan pembelajaran. Hal ini ditunjukkan dari hasil kuesioner dan wawancara langsung dengan Kepala Madrasah maupun Guru Mata Pelajaran di MA Al-Ihsaan Patilanggio.

Downloads

Published

2024-07-30

How to Cite

[1]
. A. . Zulfikri, “Manajemen Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Mata Pelajaran di MAS Al-Ihsaan Patilanggio”, J. Educ. Teach. Learn., vol. 2, no. 2, pp. 159–165, Jul. 2024.

Issue

Section

Articles