Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD pada Pembelajaran IPS

Authors

  • naeli nur nidayah Universitas Nahdlatul Ulama Al-Ghazali Cilacap

Keywords:

Dampak, Media Sosial, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD pada mata pelajaran IPS. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Data diperoleh melalui analisis sistematis dari artikel-artikel jurnal yang relevan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa model NHT berdampak positif terhadap hasil belajar siswa, khususnya dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis, motivasi belajar, dan rasa percaya diri. Model ini juga memberikan kontribusi dalam menciptakan suasana belajar yang aktif, kolaboratif, dan menyenangkan. Dengan penerapan langkah-langkah yang sistematis, model NHT terbukti meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran dan hasil belajar yang lebih baik. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan metode pembelajaran yang inovatif dalam pendidikan dasar, khususnya untuk mata pelajaran IPS.

Downloads

Published

30-07-2024

How to Cite

[1]
naeli nur nidayah, “Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD pada Pembelajaran IPS”, J. Educ. Teach. Learn., vol. 2, no. 2, pp. 214–220, Jul. 2024.

Issue

Section

Articles