Peningkatan Sikap Kedisiplinan Dan Pembelajaran PKN Menggunakan Model Paradigma Pedagogik Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Authors

  • Cici Jengo

DOI:

https://doi.org/10.59211/mjpjetl.v2i1.38

Keywords:

Sikap Kedisiplinan Siswa, model paradigma pedagogic

Abstract

Peningkatan sikap kedisiplinan siswa melalui model paradigma pedagogik pada mata pelajaran Pkn di kelas III SDN 03 Buntulia Kabupaten Pohuwato, dibimbing oleh Moh Jenli Abbas S.Pd.,M.Pd sebagai pembimbing satu dan Nursyaida S.Pd.,M.Pd sebagai pembimbing dua.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap disiplin siswa melalui model pembelajaran paradigma pedagogik metode yang digunakan dalam penelitian adalah tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam beberapa tahap yaitu, tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data hasil sikap kedisiplinan siswa pada siklus I siswa yang tuntas hanya berjumlah 4 siswa atau 23,5% yang belum tuntas berjumlah 13 siswa atau 76,4%. Pada siklus II yang memperoleh nilai sangat baik ada 16 siswa atau 94,11% yang memperoleh nilai baik 0 sedangkan yang memperoleh nilai cukup 1 orang atau 5,8% . Hal ini merupakan salah satu bukti keberhasilan sikap keberhasilan siswa melalui model paradigma pedagogik, pada mata pelajaran PKn. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dilihat bahwa penggunaan model pembelajaran paradigma pedagogik pada mata pelajaran PKn di kelas III SDN 03 Buntulia Kabupaten Pohuwato, dapat meningkatkan Sikap Kedisiplinan Siswa.

Downloads

Published

2024-01-12

How to Cite

[1]
C. Jengo, “Peningkatan Sikap Kedisiplinan Dan Pembelajaran PKN Menggunakan Model Paradigma Pedagogik Siswa Kelas III Sekolah Dasar”, J. Educ. Teach. Learn., vol. 2, no. 1, pp. 63–68, Jan. 2024.

Issue

Section

Articles