Meningkatkan Berfikir Rasional Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperatif Learning Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Fatma Eke

DOI:

https://doi.org/10.59211/mjpjetl.v2i1.39

Keywords:

Berfikir Rasional, Model pembelajaran cooperative learning

Abstract

Meningkatkan berfikir Rasional siswa melalui model pembelajaran cooperative learning pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 03 Marisa Kabupaten Pohuwato, dibimbing oleh Moh Jenli Abbas S.Pd.,M.Pd sebagai pembimbing satu dan Nursyaida S.Pd.,M.Pd sebagai pembimbing dua.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan berfikir rasional siswa melalui model pembelajaran cooperative learning, metode yang digunakan dalam penelitian adalah tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam beberapa tahap yaitu, perencanaan,pelaksanaan, observasi dan refleksi.Data hasil pengamatan berfikir rasional siswa pada siklus I siswa yang tuntas hanya berjumlah 3 siswa atau 14%, yang belum tuntas berjumlah 18 siswa atau 86%. Pada siklus II yang memperoleh nilai sangat baik ada 11 siswa atau 52%, yang memperoleh nilai baik ada 7 siswa atau 33,3%, sedangkan yang memperoleh nilai cukup ada 3 siswa atau 14,2%. Hal ini merupakan salah satu bukti keberhasilan berfikir rasional siswa melalui model pembelajaran cooperative learning, pada mata pelajaran IPA, berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa setelah menggunakan model pembelajaran cooperative learning berfikir rasional siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 03 Marisa Kabupaten Pohuwato.

Downloads

Published

2024-01-12

How to Cite

[1]
F. Eke, “Meningkatkan Berfikir Rasional Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperatif Learning Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar”, J. Educ. Teach. Learn., vol. 2, no. 1, pp. 69–76, Jan. 2024.

Issue

Section

Articles