MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PESERTA DIDIK MELALUI PERMAINAN MENYUSUN KATA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II SEKOLAH DASAR

Authors

  • Wahyuni Nento

Keywords:

Permainan Menyusun Kata, Kemampuan Membaca

Abstract

Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah Bagaimana Meningkatkan kemampuan membaca peserta didik melalui permainan menyusun kata pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas II SDN 03 Paguat Kab. Pohuwato Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan kemampuan membaca peserta didik melalui permainan menyusun kata pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas II SDN 03 Paguat Kab. Pohuwato. Media yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam beberapa tahap yaitu, tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantau evalusi dan tahap analisi dan refleksi Data hasil pemangamatan kemampuan membaca siswa pada siklus I siswa yang tuntas berjumlah 5 orang atau 33,3% yang belum tuntas berjumlah 10 Orang atau 66,6% dan pada siklus II siswa yang tuntas berjumlah 14 orang atau 93%% dan yang belum tuntas berjumlah 1 orang atau 7%. Hal ini merupakan salah satu bukti dari keberhasilan dalam Meningkatkan kemampuan membaca peserta didik melalui permainan menyusun kata pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas II. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa setelah menggunakan permainan menyusun kata dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas II SDN 03 Paguat Kab. Pohuwato

Downloads

Published

2024-07-30

How to Cite

[1]
W. . Nento, “MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PESERTA DIDIK MELALUI PERMAINAN MENYUSUN KATA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II SEKOLAH DASAR”, J. Educ. Teach. Learn., vol. 2, no. 2, pp. 187–194, Jul. 2024.

Issue

Section

Articles