PENERAPAN METODE SAS (STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS II DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Merlin Naki

DOI:

https://doi.org/10.59211/mjpjetl.v2i2.41

Keywords:

Metode SAS, Kemampuan Membaca

Abstract

Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah Bagaimana Penerapan Metode SAS untuk meningkat kemampuan membaca siswa kelas II SDN 08 Marisa Kabupaten Pohuwato. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa metode SAS kelas II SDN 08 Marisa Kabupaten Pohuwato. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tindakan kelas yang dilaksanakan dalam beberapa tahap yaitu, tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemanatauan evaluasi dan tahap analisi dan refleksi. Data hasil pengamatan kemampuan membaca siswa pada siklus I siswa yang tuntas berjumlah 3 orang atau 9,09% yang belum tuntas berjumlah 30 orang atau 90,9% dan pada siklus II siswa yang tuntas berjumlah 29 orang atau 87,87% dan yang belum tuntas berjumlah 4 orang atau 12,12%. Hal ini merupakan salah satu bukti dari keberhasilan penerapan metode SAS untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas II. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa setelah menggunakan metode SAS dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas II SDN 08 Marisa.

Downloads

Published

2024-01-12

How to Cite

[1]
M. Naki, “PENERAPAN METODE SAS (STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS II DI SEKOLAH DASAR”, J. Educ. Teach. Learn., vol. 2, no. 1, pp. 85–92, Jan. 2024.

Issue

Section

Articles